Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 9, 2024

RAPORT KURIKULUM 2013

Laporan hasil belajar untuk Sekolah Dasar (SD) dengan Kurikulum 2013 umumnya mencakup beberapa komponen utama, yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berikut adalah contoh format dan komponen yang biasanya ada dalam laporan tersebut: 1. Identitas Siswa - Nama:  - NIS (Nomor Induk Siswa): - Kelas: - Semester: - Tahun Pelajaran: 2. Sikap Penilaian sikap dibagi menjadi dua kategori utama: - Sikap Spiritual : Meliputi aspek seperti keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, menjalankan ibadah sesuai agama yang dianut, dll. - Sikap Sosial : Meliputi aspek seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, kesantunan, dll. Setiap aspek dinilai dengan deskripsi yang menunjukkan perilaku siswa dalam keseharian di sekolah. 3. Pengetahuan Penilaian pengetahuan dilakukan melalui ulangan harian, tugas, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Mata pelajaran yang dinilai meliputi: - Pendidikan Agama dan Budi

CONTOH LAPORAN OBSERVASI KINERJA GURU DI PMM

berikut adalah contoh laporan observasi guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM): Laporan Observasi Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM) Nama Guru: Bapak/Ibu [Nama Guru]   Mata Pelajaran: [Mata Pelajaran]   Kelas: [Kelas yang diajar]   Tanggal Observasi: [Tanggal Observasi] 1. Pendahuluan Observasi ini dilakukan untuk menilai dan meningkatkan kualitas pengajaran di Platform Merdeka Mengajar. Tujuannya adalah untuk memahami cara guru menyampaikan materi, interaksi dengan siswa, penggunaan teknologi, serta implementasi prinsip-prinsip Merdeka Belajar dalam pengajaran. 2. Metode Observasi Metode yang digunakan dalam observasi ini meliputi: - Pengamatan langsung selama proses pembelajaran berlangsung. - Wawancara singkat dengan guru setelah sesi pembelajaran. - Pengamatan terhadap partisipasi dan respons siswa selama pembelajaran. 3. Temuan Observasi  a. Penyampaian Materi - Kekuatan: Guru menunjukkan pemahaman yang mendalam terhadap materi yang diajarkan dan mampu menyampaikannya dengan